Cara Cek Oli Mobil Terbaru dan Mudah

Bagaimanakah cara mengecek oli mobil yang benar ? tak perlu ke bengkel mobil, anda pun bisa melakukannya sendiri!
Cara yang paling gampang yaitu ketika kunci kontak di-ON-kan, lampu indikator oli akan hidup. Lalu starter, kemudian tunggu sekitar 1-3 detik, jika lampu itu mati, tandanya oli masih ada dan sistem pelumasnya berjalan bagus, dan apabila Lampu indikator menyala atau mati-menyala, biasanya pertanda oli tinggal 1 liter karena ada gangguan atau mungkin bocor.
Baca juga : Cara Cek Oli Motor - klik disini!
Pemeriksaan volume oli bisa juga dilakukan dengan bantuan dipstick yang sudah tersedia pada setiap kendaraan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
cara cek kondisi oli mobil
  • Parkir mobil ditempat yang rata, Jika mesin sempat dihidupkan sebelumnya, matikan mesin dan tunggu satu atau dua menit agar oli mesin turun ke bagian bawah mesin atau karter oli.
    Saran : Pengecekan sebaiknya sebelum mesin hidup atau kondisi mesin dingin.
  • Cari dipstick yang biasanya berada di bagian atas bongkahan mesin, lalu bersihkan ujungnya pakai kain lap.
    dipstcik-nya jangan dibalik (ujungnya di posisi atas) hal ini supaya nantinya bisa diketahui oli berada di level mana,  Pada ujung dipstick ada dua tanda, F (full) dan E (empty).
  • Kemudian masukkan kembali stik oli sepenuhnya dan tarik kembali stik oli keluar untuk melihat ketinggian oli mesin atau level oli mesin.
    Pada tahap ini, kita bisa baca kondisi oli yaitu:
    • Oli Kurang : artinya kapasitas oli kurang dan harus ditambah (posisi berada dibawah LOW atau ada yang tertulis dengan huruf L)
      Anjuran : Periksa kemungkinan oli mesin bocor atau terdapat rembesan oli atau oli rembes pada sekitar mesin.
    • Oli Normal : artinya kapasitas oli tidak ada masalah (berada diantara tanda LOW dan Full)
    • Oli Berlebihan : artinya oli melebihi batas maksimal atau terlalu penuh (posisi diatas tanda Full), Jika oli mesin terlalu banyak atau berada bisa menyebabkan mesin berat saat jalan akibat kemungkinan poros mesin yang terendam oleh oli.
    Mengetahui batas volume oli adalah hal yang sangat penting dilakukan agar usia mesin mobil Anda bisa lebih panjang.

    cara cek oli transmisi mobil

Dengan cara diatas tersebut anda juga bisa mengetahui kondisi oli melalui warnanya, jika warna oli terlalu gelap, maka oli itu kotor. Cocokkan dengan jadwal penggantian oli. Kalau jadwalnya masih lama tetapi oli sudah kotor, berarti mesin mobil anda bermasalah.

Kapan saatnya ganti oli ? Pabrikan menyarankan untuk mengganti oli mesin dan filter olinya setiap kelipatan 5000 kilometer.
Dapatkah mesin dijalankan atau dihidupkan tanpa oli? bisa saja, namun semua komponen mesin yang bergesekan akan cacat dan mesin akan macet.
Cara ini dapat anda terapkan untuk mengecek oli mobil jenis merek apa saja, seperti innova,katana, honda jazz, xenia, avanza, apv, panther atau mungkin juga mobil matic
Cara Cek Oli Mobil Terbaru dan Mudah Cara Cek Oli Mobil Terbaru dan Mudah Reviewed by Habib Maulana on 8:39 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.