Cara Cek Oli Motor Gampang dan Cepat

Bagaimanakah cara cek kondisi dan volume oli di motor ?  sebelum kita akan bahas cara cek oli motor terlebih dahulu saya akan jelaskan secara singkat fungsi dari oli mesin.
Andaikan diibaratkan, maka sebuah oli itu ibarat sebuah darah yang mengalir ke seluruh tubuh, apa yang akan terjadi apabila darah itu kotor, dan apa yang terjadi jika kita kurang darah? Apabila darah kita kotor maka kita perlu cuci darah yang harganya cukup mahal, dan apabila darah kita kurang maka kita perlu minum suplemen penambah darah.
Sekarang kalau kita balik tujukan pertanyaan ini untuk oli, maka pertanyaannya adalah Apabila Oli Kotor apa yang akan kita lakukan dan apabila oli kurang apa yang akan kita lakukan, nah dari pertanyaan ini maka kita bisa menjawabnya dengan bagaimana cara cek oli motor untuk mengetahui apakah mesin motor kita kekurangan oli, atau oli sudah kotor dan harus di ganti dengan yang baru, simak tips cara cek oli motor berikut ini :

1. Cara Cek Volume Oli Mesin Motor ( Kekurangan Oli Atau Kelebihan Oli)

  1. Langkah pertama yaitu cari permukaan atau tempat yang datar untuk menstandarkan motor dengan standar tengah, fungsi dari tahap ini yaitu agar nanti kita dapat menentukan kurang tidaknya oli, apa kekurangan oli atau kelebihan oli
  2. Setelah motor kita standarkan dengan standar tengah, tahap selanjutnya yaitu kita buka tutup oli mesin, tutup oli mesin bukan sembarang tutup tapi sudah alat pengukurnya yang disebut dengan dipstick,  Pada ujung dipstick biasanya ada dua tanda, F (full) dan L/E (Low/Empty). (bentuknya ada garis saling silang seperti kikir, lihat gambar di bawah ini)
    gambar alat pengukur ketinggian oli
  3. Setelah kita ambil tutupnya, kita bersihkan alat pengukurnya tadi dengan kain kering sampai bekas olinya hilang
  4. Pada tahap ini kita akan mulai melakukan pengecekan caranya yaitu masukkkan kembali tutup oli namun jangan dikencangkan sampai keras, kemudian kita buka lagi tutup tersebut, sekarang kita bisa lakukan pengecekan, jika oli yang menempel pada dipstick berada diatas garis (F) berarti oli kepenuhan, jika oli yang menempel pada dipstick berada  dibawah garis (L) berarti oli kekeringan, dan jika posisi oli berada ditengah-tengah garis dipstick berati kondisi oli normal tidak kekurangan atau kelebihan (lihat diagram dibawah ini)
    gambar cara cek volume oli motor


2. Cara Cek Kondisi Oli Motor Masih Bagus Atau Harus Diganti

Setelah kita mengetahui volume oli, sekarang giliran memeriksa kualitas oli, apakah masih bagus atau sudah harus diganti, berikut ini adalah caranya : Langsung saja buka tutup oli mesin, kemudian kita tinggal baca kondisinya melalui warnanya
  • Oli berwarna Putih Pekat : Oli berubah menjadi warna putih susu jika tercampur dengan air, hal seperti ini bisa terjadi mungkin anda pernah melewati genangan air yang cukup tinggi ketika sedang hujan hingga merembes ke mesin.  (Oli wajib diganti)
  • Oli Berwarna Hitam : Warna oli berubah menjadi hitam bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama akibat kendaraan telah menempuh perjalanan dengan jarak tempuh lebih jauh. Kedua karena terjadi kerusakan pada mesin. (Oli wajib di ganti)
  • Oli Berwarna Coklat agak kekuningan : Warna ini biasanya menunjukan kendaraan usai menempuh perjalanan dengan Jarak tempuh yang kurang lebih berkisar antara 1.000-2.000 km, sehingga membuat warna oli  menjadi coklat kekuningan. Jika yang terlihat adalah warna tersebut masih dapat dikatakan normal. (Oli kondisi normal)
gambar warna oli

3. Kapan Oli Harus Ganti

Kapan waktunya oli harusnya diganti ? berdasarkan anjuran pabrikan atau buku manual service yang kita dapat sewaktu beli motor, ganti oli dilakukan maksimal setiap 2000-3000 km jarak tempuh (silahkan liat angka yang ada di odometer motor anda)
Tapi bagaimana jika motor kita jarang  kita pakai, berarti kan oli masih bagus ? Kalau bisa ya tetap diganti  (3 atau 4 bulan sekali) karena oli ada masa kedaluarsanya, semakin lama oli tidak diganti, kualitasnya juga akan menurun sehingga berakibat pada penurunan performa mesin

Cara cek oli motor diatas dapat anda praktekkan untuk segala jenis motor, entah itu motor honda, beat, mio, vixion, motor matic ataupun manual.
Cara Cek Oli Motor Gampang dan Cepat Cara Cek Oli Motor Gampang dan Cepat Reviewed by Habib Maulana on 7:27 PM Rating: 5

4 comments:

Powered by Blogger.