Cara Cek CDI Motor Hidup atau Mati

Bagaimanakah cara cek CDI yang lemah, hidup atau mati ? CDI adalah singkatan dari Capacitive Discharge Ignition yaitu salah satu jenis sistem pengapian pada kendaraan bermotor yang memanfaatkan arus pengosongan muatan (discharge current) dari kondensator, guna mencatudaya Kumparan pengapian (ignition coil).
Pada kendaraan zaman dahulu menggunakan platina, sekarang sudah diganti dengan CDI, sedangkan untuk motor injeksi dinamakan dengan ECU. CDI pada motor memiliki fungsi untuk mengatur besar kecilnya pengapian pada motor (sebagai pengontrol)
gambar cdi brt asli
Bila kendaraan anda mogok, maka pemeriksaan dapat dimulai pada busi lebih dulu, koil serta paling akhir adalah CDI,Bila CDI rusak tentu listrik yang berasal dari busi tak akan bisa diterima koil dan jelas kendaraan tak akan dapat di-stater.
Berikut ini adalah cara mengecek pengapian cdi untuk mengetahui kondisi CDI apakah masih bagus atau tidak
skema pengkabelan cdi jupiter z

Cara Mengecek CDI Motor Dengan Avometer / Multitester

  1. Posisikan atau setting avometer pada sinus 200 volt (Usahakan jangan kurang atau lebih)
  2. Hubungkan kabel berwarna merah avometer ke kabel CDI yang menuju koil.
  3. Hubungkan kabel berwarna hitam avometer ke massa /body/barang yang dapat menyalurkan arus listrik
  4. Nyalakan motor dengan menggunakan starter ataupun kick starter ,jangan lupa untuk melihat avometer apakah ada arus yang keluar atau tidak
    jika tidak ada reaksi atau tidak ada arus maka CDI tersebut sudah mengalami kerusakan, saatnya untuk mengganti dengan CDI yang baru. Dengan catatan arus dari bagian komponen spul dan pulser ada yang mengalir ke CDI. Jadi sebelum mengganti anda cek dulu arus tersebut, caranrya sama seperti yang diatas hanya kabel yang berwarna merah pada avometer dihubungkan ke komponen sepul yang menuju ke CDI.

Cara Cek Kerusakan CDI Tanpa Alat

Apabila anda tidak memiliki avometer, maka anda bisa lakukan trik ini, yaitu dengan cara menggunakan kabel CDI yang menuju kebagian koil dengan cara melepas kop busi, kemudian salurkan ke bagian body besi pada motor, kemudian silahkan di kick starter (starter kaki).
Jika bagian kabel yang menuju ke busi tersebut masih ada percikan api besar maka CDI masih bisa digunakan ,jika percikan apinya kecil dan mengalami penurunan performa atau bahkan tidak timbul percikan api sama sekali maka CDI Perlu diganti yang baru

Info tambahan : Beberapa CDI motor yang kerap bermasalah yaitu CDI shogun, CDI honda grand, CDI vespa, CDI satria, CDI jupiter z, CDI karisma, CDI Supra, CDI Smash, CDI Scorpio, CDI Tiger, CDI Thunder, CDI Vario.
Sedangkan CDI yang paling banyak di cari adalah CDI produksi BRT (Bintang Racing Team)
Cara Cek CDI Motor Hidup atau Mati Cara Cek CDI Motor Hidup atau Mati Reviewed by Habib Maulana on 11:33 PM Rating: 5

3 comments:

  1. cara ngecek cdi shogun asli/kw gmana y..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Check harga nya kang. Sama ada tulisan atau kodenya.
      Kalau ada kode 4zly berarti asli
      Kalau kw niye. Berarti KW

      Delete
    2. Check harga nya kang. Sama ada tulisan atau kodenya.
      Kalau ada kode 4zly berarti asli
      Kalau kw niye. Berarti KW

      Delete

Powered by Blogger.