Cara Cek Versi DirectX Komputer - Terbaru

Bagaimanakah cara mengecek versi directx di Laptop atau PC ? DirectX atau bisa disebut juga dengan Direct3D adalah kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan atau game komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows.
Komponen-komponen dari directX antara lain:
  • DirectX Graphics, terdiri dari beberapa APIs:
    • DirectDraw: Untuk menggambar grafik 2D (raster graphics). Sekarang tidak disarankan (karena adanya Direct2D), meskipun masih digunakan sedikit game dan sebagai video renderer di media aplikasi.
    • Direct3D (D3D): Untuk menggambar Grafik 3D.
    • DXGI: untuk menghitung penyesuaian dan pengawasan, dan mengatur rangkaian pertukaran untuk Direct3D 10 keatas.
  • DirectInput: Untuk menangani alat masukan termasuk papan ketik, tetikus, tuas kontrols, atau game controllers. Tidak disarankan setelah versi 8 karena adanya XInput untuk Xbox 360 kontroler atau WM INPUT untuk keyboard dan mouse.
  • DirectPlay: Untuk komunikasi koneksi area lokal atau area luas.
  • DirectSound: Untuk putar balik dan merekam gelombang suara, DirectSound3D (DS3D): Untuk putar balik suara 3D.
  • DirectMusic: Untuk putar balik rekaman suara yang disahkan di DirectMusic Producer.
  • DirectX Media: terdiri dari DirectAnimation untuk 2D/3D[1] animasi web, DirectShow (Tidak disarankan sebentar lagi oleh Media Foundation) untuk multimedia putarbalik dan streaming media, DirectX Transform untuk interaksi web, dan Direct3D Retained Mode untuk grafik 3D tingkat tinggi. DirectShow terkandung DirectX plugin untuk pemroses sinyal audio dan DirectX Video Acceleration untuk video terakselerasi. Sejak Tahun 2005 DirectShow tidak termasuk dalam DirectX API. DirectShow dimasukan dalam paket Windows SDK.
  • DirectX Media Objects: mendukung streaming seperti enkode, dekode, dan efek.
  • DirectSetup: untuk memasang komponen DirectX.

Cara Cek Versi DirectX Komputer

Cara cek directx sangatlah mudah, berikut ini adalah cara cek versi directX Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10
  1. Klik Logo Start
  2. Kemudian Ketik DXDIAG kemudian tekan tombol Enter pada keyboard, maka kemudian muncullah jendela informasi tentang sistem info directx, seperti pada gambar dibawah ini1
    gambar cara cek directx semua windows

    Kebanyakan direct yang digunakan windows adalah directx 11 seperti pada contoh gambar diatas
    Anda juga dapat melakukan langkah diatas dengan cara menekan logo windows+R secara bersamaan, maka muncullah jendela run, kemudian ketiklah dxdiag dan akhiri dengan tombol enter pada keyboard.
Cara cek directx ini dapat anda terapkan di semua windows (Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan juga Windows 10).
Itulah cara cek diretcx VGA yang sudah terinstall di komputer anda
Cara Cek Versi DirectX Komputer - Terbaru Cara Cek Versi DirectX Komputer - Terbaru Reviewed by John Michael on 1:12 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.