Cara Cek CDI Motor Hidup atau Mati
Bagaimanakah cara cek CDI yang lemah, hidup atau mati ? CDI adalah singkatan dari Capacitive Discharge Ignition yaitu salah satu jenis sistem pengapian pada kendaraan bermotor yang memanfaatkan arus pengosongan muatan (discharge current) dari kondensator, guna mencatudaya Kumparan pengapian (ignition coil).
Pada kendaraan zaman dahulu menggunakan platina, sekarang sudah diganti dengan CDI, sedangkan untuk motor injeksi dinamakan dengan ECU. CDI pada motor memiliki fungsi untuk mengatur besar kecilnya pengapian pada motor (sebagai pengontrol)
Bila kendaraan anda mogok, maka pemeriksaan dapat dimulai pada busi lebih dulu, koil serta paling akhir adalah CDI,Bila CDI rusak tentu listrik yang berasal dari busi tak akan bisa diterima koil dan jelas kendaraan tak akan dapat di-stater.
Berikut ini adalah cara mengecek pengapian cdi untuk mengetahui kondisi CDI apakah masih bagus atau tidak
Jika bagian kabel yang menuju ke busi tersebut masih ada percikan api besar maka CDI masih bisa digunakan ,jika percikan apinya kecil dan mengalami penurunan performa atau bahkan tidak timbul percikan api sama sekali maka CDI Perlu diganti yang baru
Info tambahan : Beberapa CDI motor yang kerap bermasalah yaitu CDI shogun, CDI honda grand, CDI vespa, CDI satria, CDI jupiter z, CDI karisma, CDI Supra, CDI Smash, CDI Scorpio, CDI Tiger, CDI Thunder, CDI Vario.
Sedangkan CDI yang paling banyak di cari adalah CDI produksi BRT (Bintang Racing Team)
Pada kendaraan zaman dahulu menggunakan platina, sekarang sudah diganti dengan CDI, sedangkan untuk motor injeksi dinamakan dengan ECU. CDI pada motor memiliki fungsi untuk mengatur besar kecilnya pengapian pada motor (sebagai pengontrol)
Bila kendaraan anda mogok, maka pemeriksaan dapat dimulai pada busi lebih dulu, koil serta paling akhir adalah CDI,Bila CDI rusak tentu listrik yang berasal dari busi tak akan bisa diterima koil dan jelas kendaraan tak akan dapat di-stater.
Berikut ini adalah cara mengecek pengapian cdi untuk mengetahui kondisi CDI apakah masih bagus atau tidak
Cara Mengecek CDI Motor Dengan Avometer / Multitester
- Posisikan atau setting avometer pada sinus 200 volt (Usahakan jangan kurang atau lebih)
- Hubungkan kabel berwarna merah avometer ke kabel CDI yang menuju koil.
- Hubungkan kabel berwarna hitam avometer ke massa /body/barang yang dapat menyalurkan arus listrik
- Nyalakan motor dengan menggunakan starter ataupun kick starter ,jangan lupa untuk melihat avometer apakah ada arus yang keluar atau tidak
jika tidak ada reaksi atau tidak ada arus maka CDI tersebut sudah mengalami kerusakan, saatnya untuk mengganti dengan CDI yang baru. Dengan catatan arus dari bagian komponen spul dan pulser ada yang mengalir ke CDI. Jadi sebelum mengganti anda cek dulu arus tersebut, caranrya sama seperti yang diatas hanya kabel yang berwarna merah pada avometer dihubungkan ke komponen sepul yang menuju ke CDI.
Cara Cek Kerusakan CDI Tanpa Alat
Apabila anda tidak memiliki avometer, maka anda bisa lakukan trik ini, yaitu dengan cara menggunakan kabel CDI yang menuju kebagian koil dengan cara melepas kop busi, kemudian salurkan ke bagian body besi pada motor, kemudian silahkan di kick starter (starter kaki).Jika bagian kabel yang menuju ke busi tersebut masih ada percikan api besar maka CDI masih bisa digunakan ,jika percikan apinya kecil dan mengalami penurunan performa atau bahkan tidak timbul percikan api sama sekali maka CDI Perlu diganti yang baru
Info tambahan : Beberapa CDI motor yang kerap bermasalah yaitu CDI shogun, CDI honda grand, CDI vespa, CDI satria, CDI jupiter z, CDI karisma, CDI Supra, CDI Smash, CDI Scorpio, CDI Tiger, CDI Thunder, CDI Vario.
Sedangkan CDI yang paling banyak di cari adalah CDI produksi BRT (Bintang Racing Team)
Cara Cek CDI Motor Hidup atau Mati
Reviewed by John Michael
on
11:33 PM
Rating:

cara ngecek cdi shogun asli/kw gmana y..?
ReplyDeleteCheck harga nya kang. Sama ada tulisan atau kodenya.
DeleteKalau ada kode 4zly berarti asli
Kalau kw niye. Berarti KW
Check harga nya kang. Sama ada tulisan atau kodenya.
DeleteKalau ada kode 4zly berarti asli
Kalau kw niye. Berarti KW
Kalau CDI Vario yg ori harga berkisar brp ya gan?
ReplyDeleteMotor saya mah kang percikan api di busi ada tapi knapa ya engga nyala pas distater kaki
ReplyDeleteMotor saya mah kang percikan api di busi ada tapi knapa ya engga nyala pas distater kaki
ReplyDeleteKalo di tester masa CDI ama arus masuk nyambung cdi rusak gak???
ReplyDeleteMotor sy vega zr..kalau di engkol hidup tapi kalau di stater tidak mau hidup...begitu kabel busi di cabut lalu di tes pake engkol hasil nya ada api yg keluar..tapi begitu di stater api nya tidak ada...apakah cdi nya lemah ya atau gimana?
ReplyDeleteMotor sy shogun,percikan api dari busi kadang ada kadang g ada,ap bener itu cdi mau mati?
ReplyDeleteMotor sy shogun,percikan api dari busi kadang ada kadang g ada,ap bener itu cdi mau mati?
ReplyDeleteMotor sy shogun,percikan api dari busi kadang ada kadang g ada,ap bener itu cdi mau mati?
ReplyDeleteMotor saya thunder 250. Kalau dikick stater nyala. Tapi kalau digas dia seperti tdk ada tenaga. Juga kalau lampu depan nyala dia ada tenaga. Tp kalau lampu dimatikan dia seperti mbrebet. Kira2 kerusakan ada dmn ya
ReplyDeleteCDI saya cek ada api kecil tapi saya smbng ke koil ga ada sama sekali apa koilnya apa cdinya.🙏
ReplyDeleteMotor sy yamaha vega R DB new,gak mau hidup,cek percikan api yg ke busi bagus,apanya yg rusak
ReplyDeleteMotor ane tiger 2000 bang, cek api dari kabel spul ada, cek di kabel yg ke CDI nya lgsg ada, eh pas dipasang CDI nya malah kaga ada percikan ke coil/kabel businya, kenapa yaa bang kira2??
ReplyDeleteMotor ane tiger 2000 bang, cek api dari kabel spul ada, cek di kabel yg ke CDI nya lgsg ada, eh pas dipasang CDI nya malah kaga ada percikan ke coil/kabel businya, kenapa yaa bang kira2??
ReplyDeleteGan boleh gak minta jalur pengapian motor smash tanpa Aki
ReplyDeleteDari semua pertanyaan gak ada yg di reply ya?
ReplyDeletebagaimana cara klw mau cek cdi motor karisma..????
ReplyDelete