Cara Membuat Kacamata Gerhana Matahari Sendiri

Beginilah cara mudah untuk membuat kacamata gerhana matahari sendiri di rumah:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
Berikut ini adalah beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat kacamata gerhana matahari
  1. Diagram Pola kacamata Matahari, download pola kacamata di sini.
  2. Lensa Sebagai Filter Sinar Matahari (Pastikan filternya memiliki neutral density 5 karena sudah teruji mampu meredam hingga 100.000 ribu kali cahaya Matahari sehingga pengamatan jadi lebih aman)
  3. Kertas Karton
  4. Gunting
  5. Lem

Langkah-Langkah Membuat Kacamata Gerhana Matahari:

  • Download pola kacamata Matahari kemudian di print/di cetak pada kertas karton yang telah disiapkan.
  • Guntinglah kertas sesuai pola
  • Lipatlah pola yang ditandai dengan garis putus-putus.
  • Lubangi dua kotak lensa dengan cutter atau gunting.
  • Potonglah filter Matahari sedikit lebih besar dari kotak lensa, lalu sisipkan.
  • Lem semua sisi sehingga bisa menjadi sebuah kacamata anti gerhana yang bagus dan tidak mudah lepas
gambar Cara Membuat Kacamata Gerhana Matahari

LENSA KACAMATA (FILTER MATAHARI)

Filter Matahari dapat dibeli di toko aksesoris kamera, toko teleskop, toko perangkat keras atau bisa juga membelinya secara online di toko-toko online, ada filter merk Seymour atau Baader.

Anda dapat menggantinya dengan negatif film hitam-putih (jangan yang berwarna). Negatif film hitam-putih harus dipapar di bawah sinar Matahari minimal 60 detik, selanjutnya harus dicuci di studio foto.
Namun pastikan dulu, ketika selesai dcuci di studio foto, negatif film hitam putih yang anda miliki harus sudah benar-benar gelap dan tidak ada sinar yang masuk serta tidak ada goresan. Jika ada goresan maka negatif film tidak dapat digunakan lagi.
Merek dan tipe dari negatif film yang aman digunakan sebagai filter Matahari adalah Kodak TMAX 100 atau Kodak PlusX, merek dan tipe ini sudah diuji dan aman untuk pengamatan Matahari ataupun gerhana Matahari secara langsung. Bahan jenis ini aman karena memiliki lapisan perak setelah dicuci di studio foto.
Potong dan rekatkan hingga tiga lapis atau tiga tumpuk. Filter dari negatif film ini sudah cukup aman untuk pengamatan Matahari maksimal hingga 2 menit.

Penggunakan disket atau floppy disk dan CD kurang mampu meredam silau Matahari sebagai bahan filter, Hal ini disebabkan oleh tidak seragamnya kualitas produk ini.

Anda juga dapat membuat lensa atau filter memakai kertas mylar. “Bentuknya seperti aluminium foil, kertas itu khusus untuk melemahkan cahaya matahari,”
Kertas mylar sanggup meredam cahaya matahari hingga 1 per 100 ribu kali. Agar fungsinya tak berkurang, kertas mylar itu tidak boleh terkena air dan terpegang tangan. “Keringat atau minyak dari jari tangan bisa merusak fungsinya, kertas ini seharga kurang lebih 1 juta berukuran 1,5 x 1,5 meter dan bisa menjadi ratusan kacamata matahari.

Filter matahari aman digunakan apabila kerapatan optiknya 5 atau lebih dan memiliki kekedapan yang baik terhadap sinar ultaviolet dan inframerah dari matahari.

Pupil mata manusia tak mampu menghalangi pancaran cahaya Matahari yang terang benderang dan menyilaukan. Cahaya langsung dari Matahari itu harus diredupkan 100 ribu kali supaya bisa diterima oleh pupil mata manusia. Kalau tak diredupkan, besar kemungkinannya bisa menjadi buta bagi orang yang melihat langsung ke arah Matahari

Akhir kata.. selamat menikmati Gerhana matahari total pada tanggal 9 Maret 2016
Cara Membuat Kacamata Gerhana Matahari Sendiri Cara Membuat Kacamata Gerhana Matahari Sendiri Reviewed by John Michael on 11:45 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.