Cara Klaim Ganti Rugi JNE Lengkap dan Terbaru

Kiriman Paket Hilang, Paket Barang Rusak, Paket JNE YES (Yakin esok sampai) tidak sampai dalam 1 hari, apakah ada garansi JNE? Lalu Bagaimanakah cara klaim ganti rugi ke jne ? berikut ini adalah tata cara mengajukan klaim jne dan syarat-syaratnya :
gambar cara klaim ganti rugi jne terbaru


Alat Bukti Yang Perlu dipersiapkan
Fotokopi kartu identitas yang masih berlaku (KTP atau SIM).
  • Bukti pengiriman (resi) asli. untuk jaga-jaga buatlah dahulu fotokopinya, karena nantinya resi yang asli akan diminta pihak JNE
  • Minta bantuan dari penerima untuk melapor kantor JNE pusat melalui Callcenter JNE di nomor 021-29278888, hal ini bertujuan agar keluhan bisa diproses dengan segera
  • Berdoa agar dimudahkan urusan

Cara Mengajukan Klaim Ganti Rugi Ke JNE

  • Laporlah Ke agen tempat kita mengirim paket tersebut
  • Isilah dengan lengkap surat Klaim yang di sediakan agen JNE yang berisi pernyataan kehilangan atau mengalami kerusakan pada paket. Isilah barang apa yang dikirim, berapa nilainya, dari mana dan kemana tujuannya, dan detail – detail lain yang berhubungan.
  • Serahkan surat klaim yang telah anda isi semua ke petugas JNE, kemudian silahkan tunggu beberapa hari kurang lebih 14 hari kerja, dan bila tidak ada kabarnya silahkan tanyakan ke Kantor pusat JNE di kota anda.

PERHITUNGAN NILAI GANTI RUGI JNE DAN ASURANSI JNE

Berapakah nilai ganti rugi yang diberikan JNE ? Berdasarkan ketentuan JNE dalam SYARAT STANDARD PENGIRIMAN (SSP) PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE)... Ganti Rugi nilai pertanggung jawabannya adalah 10 kali biaya kirim paket tersebut atau senilai barang yang hilang, dan dipilih mana yang lebih rendah.
Masih bingung ? Lihat contoh kasus berikut ini !
Contoh 1 : Anda mengirim barang yang kalau ditaksir harganya 100rb, kemudian biaya ongkos kirimnya 9rb, maka perhitungannya adalah ( 10 x biaya ongkos kirim) maka ganti ruginya adalah sebesar 90rb (90rb merupakan harga lebih rendah dari harga barang yaitu 100rb)
Contoh 2 : Anda mengirim barang yang nilainya seharga 100rb, kemudian biaya ongkos kirimnya 20rb, maka perhitungannya adalah ( 10 x biaya ongkos kirim) yaitu (20rb x 10) hasilnya 200rb, karena 200rb bukan nilai terendah, maka anda hanya mendapat ganti 100rb
Kita tidak memerlukan asuransi untuk melakukan permintaan ganti rugi paket ke JNE, lalu apa gunanya asuransi jne ?

FUNGSI ASURANSI JNE

Asuransi di JNE berguna untuk menanggung ganti rugi kalau nilai barang yang dikirim lebih tinggi dari total 10 kali ongkos kirimnya. oleh karena asuransikanlah jika anda mengirim barang yang bernilai tinggi.
Contoh : anda mengirim paket berisi HP samsung galaxy s4 dengan nilai harga 2 juta rupiah, sedangkan biaya kirimnya 10ribu, maka asuransikanlah paket anda tersebut, perhitungan biaya asuransi jne adalah sebagai berikut :
((0,2% x Harga Barang) + biaya administrasi Rp 5.000)
Sekarang kita hitung contoh diatas
((0.2% x 2.000.000) + biaya administrasi) =
(0.002 x 2.000.000) =
(4000 + 5000)= 9000
jadi biaya asuransi adalah 9 ribu rupiah
Bagaimana cara klaim asuransi jne ? caranya sama seperti diatas, anda tinggal datang langsung ke agen JNE dimana anda mengirimkan paket tersebut, jangan lupa syarat-syaratnya, resi asli dan ktp harus anda bawa

PROSEDUR KLAIM JNE YES

Paket jne YES adalah layanan paket satu hari tiba, jadi jika dalam satu hari paket tidak sampai ke tangan penerima, maka anda dapat mengklaim ganti rugi ke JNE, Caranya yaitu sepeti biasa datang langsung ke agen JNE tempat anda mengirimkan barang dengan membawa bukt resi asli, ktp! syarat yang harus anda perhatikan yaitu jangan complain melebihi batas waktu, misalkan 1 hari belum nyampai, langsung saja di hari kedua anda klaim ke jne, jangan di tunda-tunda karena nantinya JNE tidak akan menerima klaim karena melebihi batas waktu yang ditentukan.
Satu lagi anda akan mendapatkan garansi uang kembali sebesar ongkos kirim jne yes, misalkan waktu itu biaya ongkos kirim paket yes 50 ribu maka anda akan mendapatkan ganti rugi sebesar 50 ribu secara tunai atau transfer bank
Cara Klaim Ganti Rugi JNE Lengkap dan Terbaru Cara Klaim Ganti Rugi JNE Lengkap dan Terbaru Reviewed by John Michael on 2:18 AM Rating: 5

21 comments:

  1. Saya klaim via tlp berkali" (hanya ngabisin pulsa), jg sudah minta tolong dg pihak pengirim untuk bantu klaim karena barang tdk sampai,saya sudah dapat nomer laporan nya. tapi pihak JNE kurang respon(tidak ada konfirmasi), sudah berjalan 2 bulan, barang saya seharga 435rb..mungkin harus di ikhlas kan.
    Tq

    ReplyDelete
  2. Ansuransi tuh wajib ga sih ? Ane ko di paksa ama agennya harus ansuransi ?

    ReplyDelete
  3. Saya baru kejadian hri ini adik sy kirim pesanan pempek sy dr tgl 4 pake jne yes masa baru smp tgl 6 semua mknan basi 😭 dan aneh ny bilang dr pengirim yg cancel pdhl ga da konfirmasi dr agen ny dan no resi tiba" berubah dr tgl 4 pengiriman jd tgl 5 ..baru ini sy smp kecewa ky gini pempek seharga 600 rb basi gtu aja😭😭

    ReplyDelete
  4. YES(yakin esok sampai) masa ngirim tgl 22 jam 10.40 siang tgl di terima 26 jam 16.20 sore ?
    Apakah sesuai dengan semua itu?

    ReplyDelete
  5. Lupakan JNE pilih yg lain krn memang sdh tidak bisa dipercaya Dan diandalkan.

    ReplyDelete
  6. sudah mahal dan cara kerja tidak kompeten, tutup aja.

    ReplyDelete
  7. jne bangsat,klau yg di pketkn obat orng skit gmna bangsat,jasa pengiriman korup...di ksih kprcyaan kurang ajar bubar anjing jne

    ReplyDelete
  8. mending JnT. kirim tanaman pake JNE sudah hari kelima blum sampe juga, pasti mati semua tuh tanaman dan dengan mudahnya pihak JNE bilang silahkan pengajuan klaim, bener2 buang waktuu

    ReplyDelete
  9. pengiriman dr jkt timur ke jkt barat udh 11 hari ga sampe2 dokumen saya, bnr2 kecewa berat. pilih express 1 hari, dokumen raib gatau dimana, komplain kesana kemari jawabannya gitu2 aja, dokumen urgent, dokumen penting, nyesel bgt pake JNE. buang2 waktu buang2 pulsa, kita yg ngemis2 minta kejelasan. ngeri amat deh, ga akan lg.. super kapok, kalo diklaim jg ga seberapa, jauh bgt dr harga dokumen penting!

    ReplyDelete
  10. kalo kirim barang pake jne trus asuaransi sebesar nilai hrg barang trus hilang kira2 diganti brp? ganti full sesuai nilai barangnya apa gimana?

    ReplyDelete
  11. Apa ada ya biaya pertanggung jawaban barang klw ngirim dari luar negri buat jne

    ReplyDelete
  12. No jne, saya jg pny pengalaman gk enak, bolak balik telp gk ad hasil ny, yg pasti pengen mudah pke kurir, mlh jadi ribet klo pke nya jne, pusing bolak2 telp cs, istilah zaman now, uninstall jne...pke kurir lain...

    ReplyDelete
  13. JNE KASIH BARANG SAYA SEHARGA 1JT KE PENCURI DAN TIDAK BERTANGGUNG JAWAB!!!!! TELFON GAK DIANGKAT.. EMAIL GAK DIBALES. MKSUDNYA APA?!

    ReplyDelete
  14. Barang sya sudah satu bulan lebih gak nyampai kirim email jawaban itu" mulu gak da hasil tlpon sana sini buang emosi harga barang sya 858.000 minta ganti rugi gak dapat hasil,, asli nyesel banget,suami marah tanyak barang kapan yampai,,, pusing nih kepala,, tumben banget kaya gini,, emang lagi apes nih hidup

    ReplyDelete
  15. Iyo ini saya jg .ini baru TK urus .Msak alamat yg di tuju an.adi di serahkan kepada orang yg bukan nm Adi dan katanya itu bukan salah kurir .jelas salah kan msk ats nm Adi di terima atas nm orang lain ini proses komplain suruh nunggu kbr

    ReplyDelete
  16. Makan tu sumpah dari orang2 yg kau kecewakan JNE

    ReplyDelete
  17. Saya sudah klaim barang yg udah nunggunya lamaaa ehh giliran tiba malah rusak... Nunggu berminggu minggu juga klaim baru di respon n barang yg rusak sudah di tarik.... Semoga aja pertanggung jawaban dari JNE cepat di respon...jangan dibuat menunggu lama lagi 😟

    ReplyDelete
  18. Ternyata banyak kejadian y dari pihak jne... saya kecewa, klo bukan krna shoppe krj sm jne gua mah mles.. yg lain ajaa... tgalin jne, pindah yg kain!!! Sdh klaim smpe skrg gk dhub...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.