Cara Cek Emas Asli Secara Manual - Terbaru

Bagaimanakah cara mengecek emas asli atau palsu, asli atau imitasi ? Kemurnian emas bisa dicek dari kadarnya. Kadar emas dinyatakan dalam satuan karat. 24 karat merupakan emas yang paling murni. Emas 24 karat berkomposisi 99,00 – 99,99%, 23 karat berkomposisi 94,80 – 98,89%, 22 karat berkomposisi 90,60 – 94,79%. Emas 21 karat berkomposisi 86,50 – 90,59%, 20 karat berkomposisi 82,30 – 86,49%. Sedangkan emas 19 karat berkomposisi 78,20 – 82,29% dan 18 karat berkomposisi 75,40 – 78,19%.
Emas palsu adalah emas yang berkadar kurang dari 10 karat, Berikut ini cara  mengecek emas dengan mudah :
gambar cara cek kemurnian emas asli atau bukan

  1. Cek Kemurnian Dengan Magnet
    Emas Asli :Bila didekatkan dengan magnet tidak akan menempel
    Emas Palsu : Bila didekatkan dengan magnet akan menempel.
    Keterangan : Emas bukan logam magnetik, jadi kalau tertarik atau menempel pada magnet, berarti emas itu palsu. Tapi, kalaupun emas tidak bereaksi pada magnet itu, bukan berarti emas itu asli, karena ada juga logam non-magnetik lainnya yang bisa digunakan oleh pemalsu emas.
  2. Cek Keaslian Emas Dengan Bunyi
    Emas Palsu: Bila dijatuhkan akan terdengar bunyi nyaring.
  3. Cek Emas Asli Atau Palsu Dengan Indra Penciuman
    Emas Palsu: Bila dicium berbau seperti bau besi.
  4. Cek Kemurnian Emas Dengan Goresan
    Emas Palsu: Bila digoreskan pada kaca, kaca akan tergores, atau Bila digosokkan pada keramik, maka akan terdapat garis hitam pada keramik, atau Bila digosokkan dengan menggunakan jarum, jarum akan bengkok.
  5. Cek Emas Asli Atau Imitasi Dengan Pemakaian
    Emas Palsu : Bila dipakai, akan menimbulkan rasa gatal pada kulit dan kulit menjadi hitam.
  6. Cek Emas Asli atau Palsu Dengan Asam Nitrat
    Emas Palsu : Bila dicampur dengan zat asam, seperti asam klorida dan asam sulfat, maka akan tampak larutan logam yang lain.
  7. Cek Keaslian Emas Dengan Berat
    Emas Asli: Meskipun lembut, emas asli memiliki bahan yang padat dan berat.
    Emas Palsu : Jika emas batangan atau koin terasa ringan, maka bisa saja emas itu palsu.
  8. Cek Emas Asli Dengan Sertifikat dari Antam (Aneka Tambang)
    Untuk di Indonesia, keabsahan emas bisa dilihat dari sertifikat yang dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang, Tbk. Jika tidak memiliki surat ini, maka Anda perlu berhati-hati karena memungkinkan jika emas palsu.
  9. Cek KeAslian Emas Dengan Alat Pengetes Emas
    Alat untuk mengecek kemurnian emas dapat anda beli, namun harganya cukup mahal. Alat pengetesan emas terdapat di toko emas dan pegadaian, Anda bisa mengecek emas di pegadaian dengan membayar sejumlah uang.

Itulah beberapa teknik cara cek emas dengan gampang dan sederhana, Punya cincin emas ? jangan lupa cek sendiri perhiasan emas anda asli atau bukan atau emas imitasi, di artikel berikutnya akan kami bahas bagaimana cara cek harga emas terbaru tiap hari.
Cara Cek Emas Asli Secara Manual - Terbaru Cara Cek Emas Asli Secara Manual - Terbaru Reviewed by John Michael on 2:53 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.