Cara Cek Gula Darah Sendiri Mudah Cepat Akurat

Gula Darah berasal dari dua kata yaitu gula dan darah, jadi Gula Darah adalah gula yang ada dalam darah, arti dalam ilmu kedokteran yaitu sebuah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah.
Dahulu sedikit sekali orang yang mengukur kadar gulanya sendiri, namun setelah banyak angka kematian akibat penyakit ini, banyak sekali orang yang memeriksakan kadar gulanya ke dokter atau bidan.
Namun sebenarnya tahukah anda bahwa untuk mengukur kadar gula kita bisa lakukan sendiri, mudah dan cepat tanpa harus ke dokter, cukup beli alat glucometer dan lakukan langkah-langkah di bawah ini :
gambar cara cek kadar gula darah

Cara Cek Kadar Gula Darah Sendiri

  1. Tahap pertama tentunya siapkan dulu alat-alat yang diperlukan
    • Glucometer
    • Alkohol
    • Kapas
    • Jarum Penusuk (Lancet)
    • Alat Penusuk (Landing Device) 
    • Test Strip
  2. Bersihkan tangan anda dari kotoran agar nantinya tidak terkontaminasi ketika menggunakan alat yang ada.
  3. Pilih jari yang akan ditusuk, tapi sebelumnya bersihkan ujung jari dengan kapas yang dibasahi alkohol untuk menghindari adanya infeksi setelah ditusuk jarum.
  4. Pastikan jarum penusuk masih baru dan steril kemudian masukkan jarum pada alat penusuknya, perlu diketahui bahwa jarum penusuk hanya boleh dipakai sekali saja
  5. Langkah selanjutnya yaitu mulai menusukkan jarum pada ujung jari, tunggu sampai darah keluar, apabila darah yang keluar sedikit, anda dapat menekannya pelan-pelan supaya darahnya keluar sesuai yang dibutuhkan.
  6. Masukkan alat test strip yang belum kedaluarsa ke Glucometer. Apabila test strip sudah masuk masa expired sebaiknya tidak digunakan karena akan mempengaruhi hasil test yang tidak akurat.
  7. Basahi test strip dengan darah anda pada bagian ujungnya, dan perlu diperhatikan juga ketika menempelkan ujung test strip tidak boleh melebihi batas yang sudah ada pada test strip tersebut.
  8. Tahap yang terakhir yaitu tinggal menunggu hasilnya, Alat pengukur gula darah (glucometer) akan bekerja ditandai dengan munculnya angka pada LCD sampai menunjukkan hasil dari pengukuran, sambil menunggu hasil test bersihkan ujung jari yang telah kita tusuk dengan kapas yang sudah dibasahi alkohol, ini merupakan standar medis untuk menjaga kemungkinan adanya perdarahan.

    Istilah-Istilah Dalam Pengetesan Kadar Gula Darah

    1. GULA DARAH PUASA
    Yaitu kadar gula yang diukur setelah melakukan puasa selama kurang lebih 10 s.d 12 jam.
    Kenapa harus puasa dulu sebelum pemeriksaaan? Hal ini untuk mengurangi variabilitas kandungan gizi dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi diserap ke dalam aliran darah dan bisa memberikan dampak langsung. Sehingga lebih memastikan hasil pemeriksaan tidak dipengaruhi oleh konsumsi makanan terakhir dan dapat diinterpretasikan dengan benar oleh dokter.

    2. GULA DARAH SEWAKTU
    Gula darah sewaktu yaitu pemeriksaan kadar gula darah seketika waktu, tanpa harus didahului dengan puasa,Jadi biasanya kadar gula akan lebih tinggi. Normalnya, kadar gula dalam darah adalah 110 mg/dl (gula darah puasa) dan 140 mg/dl (gula darah sewaktu) Pemeriksaan jenis ini paling sering dilakukan dengan cara pasien datang langsung untuk di tes kadar gulanya.

    3. GULA DARAH 2 JAM PP
    Apa yang dimaksut dengan 2 jam pp, kalau tes ini sama dengan gula darah puasa, hanya saja setelah puasa 2 jam sebelum tes pasien dianjurkan untuk makan dulu dan kemudian baru dilakukan pemeriksaan.

    Kadar Gula Normal Menurut WHO

    Untuk mengetahui berapa kadar gula darah yang ideal, kita bisa merujuk pada kadar gula darah batas normal manusia menurut Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization / WHO)
    • (Ketika puasa) : 4 s.d. 7 mmol/l atau 72 s.d. 126 mg/dl
    • (90 menit setelah makan) :  kurang dari 10 mmol/l atau 180 mg/dl
    • (Malam hari) : sekitar 8 mmol/l atau 144 mg/dl
    Kebanyakan tanda diabetes baru muncul ketika gula darah sudah menimbulkan kerusakan pada tubuh, sebelum terlanjur periskalah kadar gula darah anda sekarang juga, jangan hanya dengan menebak tinggi-rendahnya gula darah dari gejala tubuh saja.
    Penderita diabetes sebaiknya memiliki sendiri alat untuk memeriksa kadar gula darah di rumah, karena pemantauan kadar gula darah secara rutin adalah cara utama untuk mengontrol diabetes.
    Cara Cek Gula Darah Sendiri Mudah Cepat Akurat Cara Cek Gula Darah Sendiri Mudah Cepat Akurat Reviewed by John Michael on 9:01 AM Rating: 5

    No comments:

    Powered by Blogger.