Cara Cek Madu Asli Atau Palsu Cepat dan Mudah Tanpa Ke Laboratorium

Bagaimanakah cara mengecek madu asli atau bukan, madu murni atau tidak ? Sudah sangat susah sekali mencari madu yang benar-benar asli, apalagi madu yang dijual di supermarket-supermarket, bisa dipastikan sebagian besar madu yang dijual di supermarket adalah madu tidak murni alias madu olahan yang penuh banyak campuran.
Jika anda ingin membeli madu yang benar-benar asli, maka anda harus membelinya di peternakan lebah dan anda melihat langsung bahwa madu tersebut dikeluarkan dari sarang lebah, dan itulah madu yang 100% asli murni dan terjamin.
Untuk membedakan madu asli apa tidak, maka anda harus belajar cara ceknya atau cara membedakannya, sekali lagi saya tekankan 'belajar' kenapa harus belajar? karena tidak mudah untuk membedakan madu asli apa tidak hanya dengan satu cara saja, anda harus mengetesnya dengan berbagai macam cara pengujian sampai benar-benar mampu membedakannya.
gambar madu hutan asli

TAHAP SEBELUM BELAJAR CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI ATAU PALSU

Langkah ini adalah langkah yang paling utama untuk belajar cara membedakan madu asli atau palsu dan anda harus benar-benar melakukannya, yaitu mencari atau membeli madu yang benar-benar asli, bagaimana caranya anda harus membelinya di peternakan madu, dan jangan asal beli, anda harus benar-benar melihat bahwa madu itu dikeluarkan dari sarang lebah madu ketika anda menerimanya! Kenapa ini harus dilakukan ? karena bisa saja peternakan madu berlaku curang, yaitu dia memang beternak madu, namun yang diberikan kepada anda bisa saja sudah dicampur sama penjualnya, oleh karena itulah anda harus benar-benar menerima madu tersebut langsung dari sarang lebah tersebut.
Ketika anda sudah dapat madu murni tersebut, kemudian belilah madu di supermarket, madu apa saja sebagai bahan uji coba cek madu asli atau bukan, selanjutnya adalah tahap uji coba untuk membedakan madu asli atau tidak, simak dibawah ini!
gambar cara cek madu asli atau bukan

RAGAM CARA CEK MADU ASLI  MURNI, PALSU ATAU TIDAK ?

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk belajar atau tes percobaan bagaimanakah mengetahui suatu madu asli atau tidak, sehingga anda nantinya akan tahu sendiri perbedaanya.

A. CARA AKURAT CEK KEMURNIAN MADU

Cara ini adalah cara mengetahui ciri ciri madu asli dengan akurat artinya tidak ada kemungkinan untuk madu palsu bisa lolos dari kedua tes ini
  • TES MADU DENGAN PEMANASAN
    Letakkan madu diatas sebuah sendok, kemudian panaskan sendok yang berisi madu tersebut diatas nyala lilin.
    Fakta Hasil Ujicoba:
    Madu asli : madu akan berubah warna menjadi coklat pekat kemudian buihnya akan meluber ke luar sendok, dan ketika madu dingin jika ditarik dengan lidi tekstur madu akan lembut sehingga tidak dapat membentuk suatu benang
    Madu Palsu : madu akan berubah warna dan mengeluarkan buih namun buihnya tidak akan keluar dari sendok, dan setelah madu palsu dingin jika ditarik dengan lidi maka akan membentuk seperti kawat dan mudah patah.
  • TES MADU DENGAN SEPOTONG IKAN
    Masukan madu kedalam botol lalu masukan potongan ikan, kemudian tutup rapat agar tidak ada udara masuk, tutup selama 2 minggu
    Fakta Hasil Ujicoba:
    Madu Asli : ikan akan mengecil dan menjadi pucat namun tidak berbau
    Madu Palsu : ikan berukuran tetap, warna berubah menjadi hitam dan berbau busuk
  • TES MADU DENGAN AIR
    Dengan komposisi yang sama coba campurkan madu asli dengan air begitu juga dengan madu palsu.
    FAKTA : Madu asli tidak akan mudah bercampur dengan air, sehingga madu yang kental akan tenggelam di bagian bawah gelas. Bahkan setelah Anda mengaduknya maka bagian madu sulit bercampur dengan air.
    Madu palsu mudah bercampur dengan air, tandanya mudah dilihat karena madu tidak tenggelam dan justru bercampur dengan air serta tidak mengental.

B. CARA KURANG AKURAT CEK KEMURNIAN MADU

Beberapa cara di bawah ini adalah test madu asli yang biasanya dilakukan oleh masyarakat, test madu asli di bawah ini ada benarnya namun kadang kadang tidak dapat dibuat patokan, karena beberapa hal :
  • CEK MADU ASLI DENGAN KORAN / SIFAT PENYERAPAN
    Madu diletakan diatas koran jika disekitar madu ada rembesan maka dikatakan madu asli
    FAKTA : Hal ini tidak sepenuhnya benar karena hal ini hanya untuk menguji kadar air didalam madu, madu yang dipanen musim hujan akan memiliki kadar air yang tinggi, jadi air tetap meleber di pinggir madu yang diletakan di atas koran, meski madu tersebut manis.
    Cara membedakan madu asli dan palsu dengan metode ini juga dinilai kurang efektif, karena kadar air pada madu bisa dikelabui dengan pemanasan atau dicampur dengan bunga raya yang di peras atau dengan caramel agar madu makin terlihat kental.
  • CEK MADU KE DALAM FREEZER
    Madu asli tidak membeku jika dimasukan ke dalam freezer
    FAKTA : Madu hutan yang merupakan jenis madu terbaik tidak akan beku walaupun diletakkan di freezer selama berbulan-bulan karena kadar airnya di bawah 20%. Pernyataan ini benar jika kadar air dalam madu kecil, namun seperti penjelasan di atas kadang saat musim hujan kadar madu asli memiliki kadar tinggi sehingga akan membeku jika dimasukan ke dalam freezer
  • CEK MADU DENGAN SEMUT
    Madu Asli tidak disukai semut, sedangkan madu palsu akan dikerubungi semut
    FAKTA : Semut akan berkumpul pada madu palsu karena encernya madu tersebut, dan tidak akan mendekati madu asli karena semut makan menggunakan belalainya, sehingga pada saat semut menemukan madu kental, mereka tidak mungkin memakannya karena dinding yang tebal, keras seperti batu.
    Namun, sayangnya gerombolan semut yang mengerubungi madu tidak bisa dijadikan acuan untuk membedakan madu asli dan madu palsu, karena bisa saja madu palsunya sudah basi, sudah mengalami fermentasi jadi kandungan alkohol meningkat, sehingga semut tidak mau mengerubutinya
  • CEK MADU DENGAN TELUR
    Letakkan telur pada madu, jika kuning telor menjadi setengah matang maka dapat dipastikan madu asli.
    FAKTA: Hal ini tidak sepenuhnya benar karena produsen madu palsu mengakali dengan menambahkan cuka pada madu sehingga tingkat keasamanya tinggi, hal ini yang menyebabkan kuning telur menjadi setengah matang
  • CEK MADU ASLI ATAU PALSU DENGAN MEMBAKAR
    Celupkan sedikit lilin bersumbu kapas ke dalam madu dan coba bakar sumbu tersebut. Jika terbakar, maka madu itu benar-benar madu murni, namun jika tak mau terbakar, maka kemungkinan adanya air tidak memungkinkan sumbu untuk terbakar.
    FAKTA : Madu asli bisa dibakar karena masih sangat kental, sebaliknya, madu palsu yang cair tidak bisa dibakar. Kelemahannya : jika hanya ada sedikit campuran air pada madu, itu masih memungkinkan madu untuk terbakar. Atau, bisa juga madu diberi campuran spritus agar bisa terbakar, sehingga cara ini dinilai masih kurang efektif.
Itulah beberapa cara mudah mengecek madu yang asli atau bukan tanpa harus tes ke laboratorium
Cara Cek Madu Asli Atau Palsu Cepat dan Mudah Tanpa Ke Laboratorium Cara Cek Madu Asli Atau Palsu Cepat dan Mudah Tanpa Ke Laboratorium Reviewed by John Michael on 1:26 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.